Oleh: kangalong | 21 Maret 2010

Monitor komputer tdk mau start, hanya kedap kedip indikatornya

Monitor komputer tdk mau start, hanya kedap kedip indikatornya

Kerusakan warna tampilan, sering disebabkan tidak kerjanya salah satu atau dua warna. Pada monitor komputer menggunakan 3 sistim warna yaitu Merah – Hijau – Biru, jadi kalau salah satu / dua warna tidak bekerja akan menimbulkan rusaknya warna tampilan. Hilang warna biru, jadi yg normal hanya warna hijau & merah maka warnanya akan menjadi kuning, hilang warna hijau akan jadi warna coklat/ ungu. Hilang 2 warna merah & hijau akan jadi warna biru, hilang warna biru & hijau akan jadi warna biru. Kenapa ? Karena hilang warna hijau & merah maka yg bekerja hanya warna biru jadi tampilanya hanya ada warna biru. Kehilangan warna hijau & biru tampilanya akan menjadi warna merah karena yg bekerja hanya warna merah.
Kehilangan warna ini pada monitor komputer lebih sering diakibatkan
1. Karena rusaknya kabel data atau ada yg menyebut kabel Vga yaitu kabel yg menghubungkan dari monitor komputer ke Cpu.
2. Patrian kendor pada penguat modul video yaitu modul yg menancap pada ujung tabung Crt. Teliti & lakukan patri ulang, hati-2 jangan sampai ada yg konslet, karena bisa mengakibatkan matinya modul video tsb atau pernah juga mengakibatkan matinya mesin monitor. Kalau pada modul modul tsb menggunakan trimpot penyetelan warna coba stel warnanya melalui trimpot-2 tsb.
3. Karena rusaknya penguat akhir video, untuk monitor komputer model yg baru ini penguat video-nya sudah menggunakan Ic, dan sudah jarang yang masih menggunakan rangkaian transistor.


Tanggapan

  1. Ass. wr.wb
    Kang Along… mohon pencerahannya monitor saya LG 710S sudah sy betulin bagian power supply dan transistor output horizontal, sudah mau nyala, ada OSDnya. Tapi ada penyakit baru yaitu monitor hidup dan mati selang 2-3 detik..

    mohon bantuannya
    terima kasih
    wasalam..
    rudy

    • Wa’alaikum Salam Wr. Wb. Trimakasih Kang Rudywing sudah mau mampir dan mau berbagi pengalaman dengan kami. Maksudnya hidup….mati…..hidup…..mati dengan interval 2-3 detik. Kasus seperti ini pernah saya alami persis di monitor LG 15 inchi, peneyebabnya Flybeck yang sudah mau mati biasanya ditandai dengan body flybeck kembung dan hampir tidak kelihatan kalau flybeck tersebut tidak diangkat dari board (sasis). Selama ini kalau Flybecknya yg bermasalah perbaikan tidak saya lanjutkan karena flybeck monitor itu di daerah saya susah sekali didapat. Mudah-mudahan berkenan dan sedikit membantu.

  2. Kang’ q mau nanya… monitor q indikatornya… kedap kedip dan berbunyi tik.. tik.. tik… dst.
    awalnya hanya beberapa detik, langsung normal. setelah itu jelang beberapa hari bertambah jadi 10 menit trus 15 menit (setiap tambah menit indikator kedap kedip makin cepat dan selama itu monitor tidak mau nyala..) dan sekarang lama sekali., trus q tanya ke forum katanya elco regulatornya.., sudah aus dan suruh ganti., yang jadi pertanyaan saya elco regulator tu bentuknya yang gimana kang.,? q pake monitor lg 15″ flatron, apakah harus dibuka bagian belakangnya saja, atau bagian depan (layar) juga dibuka.,? q sudah membuka yang bagian belakang monitornya kang.. apakah yang bentuknya seperti tabung., warnanya biru keungu2an?, kalau iya disitu ada tiga., dan apakah sebaiknya q ganti ketiga2nya..,? trus cara ngelepasinnya tu dipotong trus diganti dengan yang baru dengan cara disolder ya kang…?
    Mohon Bantuannya…

  3. wah sama kyk gw..

  4. Monitor sy jg kedap kedip mati idub sendiri selang beberapa detikan.. Pdhl CPU idub normal.. Kira” apany yang bermasalah.. TQ sebelumnya..

    • Buat Boss halim inside terima kasih atas kunjungannya, ….Hidup-mati-hidup-mati-nya itu lampunya saja atau monitornya juga hidup-mati. Kalau hidup-mati-hidup-mati monitornya dengan jarak waktu yang sama, biasanya Flaybeck-nya dah setengah mau drop. Atau mungkin ada solderan yang udah kering (badconect) di daerah H O T yang ditandai dengan adanya heatsink (lempengan alumunium sebagai pedingin) coba saja di resolder (solder ulang) komponen yang berpotensi mempunyai panas berlebih……….moga berkenan.

  5. Kalo saya biasa dilem biru aja mtuh…he..he….heh

  6. Ms Mau tanya,
    monitornya mati,.sy pakai Monitor LG 17″
    biasanya kalo monitor itu nyala,, di nyalain TV itu bisa ada gambarnya.
    kalo buat tv ada gbrnya buat PC ada gambarnya juga
    lah ini monitor gak ada gambarnya
    cuma kedip” aja lampunya lampu powernya,,

    Tolong pencerahannya,.

    Terimakasih.

  7. minta Tlg nih..monitor saya samsung15.tdk mau start trus kalo dicabut kbl vga layarnya putih..minta sarannya mksh

  8. SALAM KENAL.SALAM SJATERAH LANGSUNG AJA KANG.SAYA PUNYA MONITOR DELL.KELUHANYA LAMPU STANDBAY KEDAPKEDIP TPI TANPA GAMBAR

  9. Assalamu alaikum Wr.Wb. Monon dibantu : Tv Lg 21 inc. ,awalnya lampu indikator tidak menyala dan ada suara cit-cit-cit . saya ganti tr.2627. indikator jadi menyala tapi transistor 2627 sangat panas . Plybeck saya uji di jasa pengujian ,,katanya bagus ….mohon diberi solusi …terima kasih

  10. kang along, mo nanya dong…
    netbook sy bawa pergi sana-sini naik motor…trus sekarang jd sering ilang warna merah gitu!jadinya monitornya kebanyakan warna birunya..(tp klo lg gag dipake 3hari ato lebih, normal lg)
    apa bener klo netbook terguncang bisa jd penyebab ilang warna gtu?itu bisa disebabkan oleh Virus gag seh kang?coz gejalanya timbul gara2 install program donlotan gtu… mohon bantuannya!! oya saya pake benQ joybook

  11. kang mau tanya, kl LCD monitor gambarnya kadang timbul kadang ilang apa y kang mohon pencerahan nya

  12. kang mau tanya , kalo lcd monitor acer V193HOV di sambar petir terus matot setelah di buka rupanya ic601 (ic 8 pin) terbakar dan ilang kode kode nya kang terus yg mau saya tanya apakah bisa saya ketahui ngak kang ic 601 nya tsb, mohon pencerahan nya kang

  13. Mohon pecerahannya Kang :
    1. Monitor CRT samsung 15″ syncMAster 500b led berkedip layar blank.
    2. Monitor CRT Samsung 17″ led nyala power tidak berfungsi, layar blank, flyback ada arus (nyemprot).
    3. Monitor CRT LG 17″ 700p Flatron. led normal tombol power berfungsi, layar blank. flyback tidak ada arus. kalau di nyalakan berbunyi cek seperti nyala normal tapi layar blank. awalnya adalah layarnya ngezoom sendiri kemudian normal, ngezoom lagi normal lagi. lalu mati.tapi power dihidupkan berfungsi dengan bagus.
    Mohon solusinya kang. terimakasih.

  14. kang saya mau minta pencerahan tentang monitor crt yg power nya matot cara memperbaikinya gimana kang

  15. assalamualikum,,,kang along saya punya monitor LG 14”,screen nya jdi over,blank putih,tulisan nya nampak samar,screen di play back dah di putar mentok.menu bright di kecilkan skarang bisa di pake tapi kurang sempurna.biar normal lagi tolong solusinya .makasih

  16. kang along ini mau tanya monitorku tabung gambarnya kedap kedip g jelas apanya kang..,terimakasih

  17. Kang Along, mohon pencerahannya. Komputer saya yang sebelumnya normal, hari ini mendadak tidak bisa startup. Warna indikator yang biasanya hijau menjadi kuning dan timbul suara dengungan yang kencang, sedangkan monitar tidak menunjukkan apa-apa. Kenapa ya, Kang? Nuhun.

  18. kang along saya mo nanya neh,mohon petunjuk na: cpu saya hidup tp monitor ga da tampilan,lampu power di monitorpun kedapkedip,

  19. Maaf, saya halim, mau tanya ni, saye pake komputer DELL, kemaren tiba-tiba heng, kaga bisa diapain, trus saya pencet tombol OFF, ketika mau hidupkan tidak bisa, hanya tombol Caps Lock kedap-kedip, bagaimana gan mengatasinya? Mohon bantuannya

  20. maaf mas, ini layar monitor saya koq tdk bisa menyala dan lampu indikatornya kela kelip gitu. padahal sy sdh coba ganti lampu VGA-nya tp koq gak jadi yah? mohon bantuannya mas.


Tinggalkan komentar

Kategori