Oleh: kangalong | 17 Februari 2011

Monitor ADVANCE 15 ‘’ Lampu Power Hidup tapi Layar tidak Tampil

Gejala awal lampu power hidup tapi layar tidak tampil disertai trfo switching bunyi te-tek. Monitor ini menggunakan IC Osc STV 7778.

Setelah melalui cek dan recek didapati tegangan 80Volt drop total alias 0Volt yang disebabkan oleh IRF 630 short / konslet, setelah dilakukan penggantian  IRF dgn yang baru, monitor dicoba dihubungkan ke jala-jala listrik, tombol power ditekan………byar layar tampil tapi tidak normal, ada garis hitam lebarnya kira-kira 2cm 2 buah melintang dari atas ke bawah.

Belum satu menit tahu-tahu monitor mati lagi….dengan gejala kerusakan sama seperti diawal yaitu tegangan drop. Saya coba raba pendidngin IRF 630, panas sekali sampai kulit jari mau melepuh. Coba diukur lagi IRFnya ……..short lagi, tanpa basi-basi monitor dihidupkan tanpa IRF 630, monitor hidup tapi tampilan gak normal ada garis hitam melintang vertical. Coba ukur tegangan di titik D (drain) IRF 630 pada saat tobol power ditekan……..wow…tegangan awal  sampai 250V DC tapi perlahan turun ke 80V, seiring dengan itu garis hitam tebal yg melintang vertical hilang dengan turunnya tegangan di pin D IRF 630. Biang keroknya sudah ketemu C filter B+ yang menuju FBT sudah kering dalam kasusnya elco tersebut secara fisik tidak kelihatan rusak (kembung). Setelah diganti, monitor tersebuat normal kembali………dicek samapai 1 jam masih oke


Tanggapan

  1. mo nanya….ngga nyambung ama artikelnya

    bahaya ngga klo monitor dekat speaker (lumayan gede,)
    efek magnit dari speakernya ngga apa2 tuh? kadang warna monitor jadi aneh

  2. @cukkaulu, Di Glowsing ae..

  3. tolong dong, penjelasannya disertai dengan gambar, maklum newbie bro !!!!


Tinggalkan komentar

Kategori