Oleh: kangalong | 21 Maret 2010

Monitor komputer tidak tampil gambar. Setelah tampil OSD-nya tidak tampak

Monitor komputer tidak tampil gambar. Setelah tampil OSD-nya tidak tampak

Pada postingan kali ini saya akan cerita tentang langkah-2 pada saat saya memperbaiki kerusakan monitor produk korea yang gambarnya tidak tampil, setelah melalui perbaikan, gambar sudah bisa tampil tetapi OSD-nya tdk tampak, kalau di pencet menu untuk seting tampilan malah keluar gambar lurik-2 seperti gambar tv over H.hol.
Oke akan saya mulai proses penelusuran saya mulai dari awal sampai akhir monitor tsb kembali normal.
1. Cek tegangan power suplay . . . bagus
2. Cek transistor Horisontal output . . . bagus
3. Cek tegangan suplay horisontal output, sebelum dioda 50 volt . . . bagus, setelah dioda 100 volt bagus, pada colektor transistor horisontal output 100 volt bagus. (dioda ini letaknya pada jalur suplay tegangan horisontal output sebelum masuk ke flaybak)
4. Tegangan G2 untuk scren 150 voltdc . . . Bagus (tegangan disini bisa naik turun seirama diputarnya potensio scren di flaybak, yaitu potensio yg letaknya di bawah, sedang potensio yang diatasnya untuk setelan fokus)
5. Cek hitler filamen tabung . . . Bagus
6. Cek tegangan filamen . . . ? Kok tegangan disini 0 volt, padahal filamen butuh tegangan antara 3 – 5 volt. Setelah saya telusuri ternyata ada resistor jembatan tegangan filamen ini nilainya 3,3 ohm-1 watt yg putus, setelah saya lakukan penggantian resistor tsb gambar jadi tampil. Lega rasanya karna satu permasalahan telah berhasil saya selesaikan. Tetapi pada saat saya ingin seting tampilan ternya OSD-nya tidak tampak, setiap saya pencet tombol menu malah keluar gambar garis-2 seperti gambar tv over h.hol. Berdasarkan pengalaman pada servis tv kerusakan seperti ini karena ada gangguan pada sinkronasi horisontal yang tidak benar dan karena pada monitor ini tidak ada fasilitas setelan h.hold maka saya lakukan langkah-2 :
1. Mengganti Ic oscilator horisontalnya hasilnya sama saja osd belum tampak.
2. Karna mulai agak bingung timbul pikiran yg macam-2, apa mungkin rusak programnya ? Saya pun segera mengganti Ic memorinya (24c04) hasilnya masih sama saja, kemudian saya ganti Ic programnya tapi hasilnya masih sama saja. Sampai disini semakin tambah bingung. Karena pada monitor komputer kabel data langsung masuk ke modul video ( banyak kalangan tehnisi menyebutnya dgn modul matrik) letaknya modul tsb nancap pada tabung paling belakang dan pada kabel data tsb ada beberapa fungsi diantaranya yang sangat penting adalah R,G,B – V & H. (R untuk signal Merah, G untuk signal Hijau, B untuk signal Biru. V untuk signal sinkronasi Vertikal dan H untuk signal sinkronasi Horisontal) dari hal tersebut tidak ada salahnya kalau saya mencoba mengganti modul tersebut. Ternyata benar, setelah saya ganti modulnya OSD-nya bisa tampil dan saya pun bisa melakukan seting tampilan. Tetapi berhubung didalam modul ini ada 3 buah IC saya ingin kepastian Ic manakah yg rusak atau komponen apanya yg rusak, agar kalau suatu ketika mendapatkan kerusakan yg serupa jadi tidak lama-lama mencarinya maka saya pun mulai mengganti satu persatu Ic tersebut. 1 saya pasang kembali modul yg aslinya dan saya mulai ganti Ic video out-nya TDA 9335 . . . hasilnya Osd masih belum tampil.
2. Saya nelanjutkan penggantian Ic driver video-nya ( TDA 9210) . . . Hasilnya masih sama saja dan tinggal Ic datanya maka saya langsung mengganti Ic tsb (2610443118. 6827-00024) hasilnya Osd sudah bisa tampil sempurna dan sayapun bisa menyeting tampilanya. Setelah memasukan mesin kelen-nya, tidak boleh lupa menyetel fokus dan sekrinya, dan menguji kepanasan komponen terutama komponen-2 yg menempel di hetsing / pendingin. Karna masing2 pendingin tidak ada yg panas berlebihan maka saya pasang tutupnya dan saya nyatakan selesai. Untuk uji ketahanan biasanya saya lakukan diruang lain agar tidak mengganggu konsentrasi kerja selanjutnya. Demikian cerita tentang proses perbaikan monitor komputer semoga ada manfaat yg bisa anda ambil.


Tanggapan

  1. bagus postingnya.tapi mau ngikutin nga ada petunjuk gambarnya.masih pemula jadi nga kerti skema monitor.udah dicoba bongkar.bingung liatnya.
    monitor gw mati tapi lampu power kedap kedip
    rusak apanya yach mas?

  2. iya nih aku juga bingung karena gak ada skemanya.

  3. Iya ikut bingung juga nih …


Tinggalkan komentar

Kategori