Oleh: kangalong | 7 Februari 2011

Monitor LCD Samsung SyncMaster 713N

Sudah lama sekali saya tidak mengupdate/memposting artikel di bolg ini, belum sempat karena banyak kerjaan yang perlu diselesaikan………..

Kali ini saya akan berbagi pengalaman dalam hal service monitor LCD Samsung SyncMater 713N. Monitor ini keluhannya jika dihidupkan akan keluar tulisan NOT OPTIMUM MODE RECOMMENDED MODE 1280×1024 60 Hz semua tombol tidak berfungsi kecuali tombol ON

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Buka Tutup Body dari monitor tsb, hati-hati jangan sampai pecah, setelah itu buka penutup dari blok mesin  yang berupa plat dengan menggunakan obeng tentunya.
  2. Dibagian Videoboard / Programboard akan terlihat sebuah IC NOVATEK yg bentuknya mirip IC BIOS Motherboard. Pin 5 dan pin 6 dijamper pakai resisitor 47 ohm atau 50 ohm, kalau bias pakai yang type SMD biar lebih rapih.
  3. untuk lebih jelasnya perhatikan gambar ini
  4. Tinggal coba dan …………………tadaaaaaaa monitor kembali berfungsi dengan baik…..

Tutorial ini juga bias diterapkan  pada Type  910N, 710N

Selamat Mencoba


Tanggapan

  1. mas… mohon pencerahannya..
    saya punya monitor samsung syncmaster 710n silver yang kasusnya sama hal dengan permasalahan diatas…, jadi saya sudah tambahkan resistor 47 ohm, dan hasilnya cuma muncul beberapa detik dan hilang kembali, dan saya coba dengan resistor 100 ohm sama jg halnya. tlong donk mas solusinya… saya harus bagaimana neh.. kalo bs tolong kirim ke e-mail:erwin_domo@yahoo.co.id mas.

    thanks sebelumnya mas.

  2. Luar biasa Kang artikelnya…sangat membatu bagi kami yang masih pemula.
    Kang saya mohon solusinya..
    saya punya monitor lcd samsung 740n.problem nya : gambar burem sekali
    setelah saya bongkar ternyata elconya ada yang kembung ( 1000mf / 10v dan 330mf/25v,langsung saya ganti tetapi hasil masih tetep sama ( buram ).iseng2x saya ganti elco 150mf/450v( alhamdulilah hasil sempurnna )kemudian saya tutp kembali dan saya tes selama 1hari penuh.( hasil masih sempurna )Tetapi pada hari ke 2 monitor mulai buram lagi dan saya ganti elconya lagi ( saya pikir elconya jelek ).
    Kang Along kira2x komponen apa yg rusak???.
    Soalnya klo untuk ganti ip-board nya harganya cukup mahal
    mohon kang solusinya

  3. Kang Along, Tolong saya kalau LCD SynMaster 740N Gelap tampilan windows apa yang harus sya perbaiki? Terimakasih

  4. makasih ya kang along…
    ud q coba…brhasil…
    dah lama aq nyari2 masalah sperti ini….coba dr dulu aq baca…pasti dah puluhan lcd yg gk jd q butut kan…
    sekali lg makasih kang Along

  5. Samsung BX1931 mati
    adaptor ok
    apanya ya ?


Tinggalkan komentar

Kategori