Oleh: kangalong | 21 Maret 2010

Monitor wernes tdk nyala timbul suara mendengin

Monitor wernes tdk nyala timbul suara mendengin. Monitor komputer merk wernes 14 inci analok tidak nyala timbul suara mendenging. Halini setelah saya lakukan pengecekan tegangang power suplay ternyata ada penyumbatan pada arus 50 volt-nya, yaitu tegangan tegangan yang digunakan untuk horisontal output. Tanpa pikir panjang saya lakukan tes transistor pada rangkaian yaitu mengukur colektor dan emitornya transistor tersebut menggunakan multi ohm x 1. Ternyata emitor dan colektornya konslet, ini terbukti meski pengukuranya dibolak balik tetap nyambung. Kalau rangkaian yang benar pada transistor tsb bila diukur menggunakan tester ohm x 1, kabel merah pada colektor dan kabel hitam pada emitor multi akan menunjuk pada kisaran 10 ohm tapi apa bila dibalik, kabel merah pada emitor lalu kabel hitam pada colektor tidak boleh menunjuk ( yang benar) karena saya curiga transistor tersebut rusak maka saya mencabutnya dan saya lakukan pengetesan diluar rangkaian agar lebih akura, ternyata benar transistor tersebut konslet pada emitor dan colektornya. Sayapun segera mengganti dgn yg sama yaitu C5521. Selesai pemasangan monitor saya coba dan berhasil menyala dgn hasil gambar lumayan sempurna. Tapi baru berkisar 2 menit menyala monitor bunyi cetak… Cetak… Ada loncatan api dari flaybak ke sasis. Saya segera mematikan monitor agar aman. Kerusakan seperti ini sering terjadi pada monitor komputer dan apabila loncatan api seperti ini dibiarkan berlama sering menimbulkan kerusakan komponen lainya seperti transistor horisontal, Ic vertikan output, Ic video out dan pernah juga merusak Ic data dan ic oscilator horisontal. Kebocoran pada flaybak yg belum begitu parah kadang masih bisa diatasi dgn menambal bagian yang bocor menggunakan lem plastik stel. Tetapi saya lebih suka dgn mengganti flaybak tersebut dgn yang baru (kalau ada) tetapi kalau tidak ada saya ganti dgn flaybak bekas juga tdk begitu masalah yang penting kondisi flaybak penggantinya betul-betul masih bagus. Karenb flaybak yg serinya persis saya tidak punya, terpaksa saya ganti dgn flaybak seri lain. Cari flaybak yang karakteristiknya sama/hampir sama meski letak pin kaki-nya tidak sama masih bisa yaitu dgn cara memindah2 posisi kaki (menyesuaikan posisi kaki flaybak pengganti dgn lobang yg terdapat pada mesin monitor. Adapun tutorial tentang memandrek flaybak ini akan saya berikan pada entri lain di blok ini. Setelah saya selesai mengganti flaybaknya, monitor kembali saya coba dan hasilnya bisa keluar gambar (tapi hanya mampu pada resolusi 800 – 600) ini cukup bisa dimaklumi karena monitornya masih analok dan flaybak penggantinya juga tidak asli ( hasil bandrekan ) saya lakukan seting tampilan sekaligus menyetel fokus dan sekrinya. Mesin segera saya masukan ke len-nya dan kemudian menutupnya kembali. Untuk uji ketahanan monitor komputer dgn flaybak bandrekan begini saya lakukan sedikitnya 4 jam nonstop lalu dimatikan dan kurang lebih 4 jam kemudian dicoba lagi. Soalnya sering terjadi monitor yg bagus pada awalnya kemudian akan berobah setelah 1 hingga 4 jam. Dan sering juga monitor yg sudah diuji selama 4 jam non stop dgn hasil bagus tanpa panas berlebihan dan tanpa perobahan tetapi setelah istirahat antara 2 hingga 4 jam terjadi masalah pada awal start-nya. Demikian semoga ada manfaat yang bisa anda ambil dan jangan lupa sebelum anda meninggalkan entri ini ” tinggalkanlah pesan pada kolom Komentar” dgn harapan agar blog ini bisa bertambah bagus dikemudian hari.


Tanggapan

  1. good job

  2. Postingnya sangat bagus dan membantu sekali bagi para teknisi apalagi seperti saya yang pemula. semoga menjadi amalan yang baik .amin…

  3. Mas cara menambal flyback gmn caranya ya? Trus yang bagus pake lem merek apa?

    • ok sip ni kalau boleh numpang nanya monitor saya kalau dihidupkan pertama indikatornya hijau tapi setelah 5 detik oranye kira kira yang rusak apanya kang trims

  4. mas mau tanya,kalo monitor biostar mati totaol tapi ada suara menderit – derir berulang2,,,sudah tak ganti tr horizontal tapi tetap mati dan tetap ada suara deritan,,ki

  5. sangat membantu bagi kami yang masih pemula
    nuhun dilanjut kang…….

    kang saya mo tanya nih
    saya punya monitor samsung syncmaster 753s.awalnya klo dihidupin nyalanya lama sekali.setelah saya ganti elco 150mf/450v.alhamdulilah begitu dinyalain langsung hidup dan gambarnya masih cukup jernih.tapi 2 minggu kemudian gambar mulai goyang2x.tanpa pikir panjang saya ganti elco di bagian power secondari nilainya 1000mf /10volt ( bagian power saya solder ulang )tapi hasilnya masih goyang2x juga
    kira2x apa ya???? mohon pencerahanya kang????


Tinggalkan komentar

Kategori