Oleh: kangalong | 1 April 2010

Monitor Digital Bag. 3

Berdasarkan bagan kotak di atas, cara kerja catu daya jenis PWM dapatdipahami berdasarkan urutan tahapan, yaitu mu!ai dari tegangan masukan AC sampai pada tegangan keluaran DC yang dihasilkan



Keterangan:

Langkah 1 : Tegangan masukan berupa AC disearahkan oleh rang-kaian diodesehinggadiperoleh tegangan DC. Tegangan DC ini penting agar dapat diterapkan ke sirkit PWM.

Langkah 2 : Supaya tegangan keluaran pada catu daya dapat diken-dalikan besar kecilnya maka tegangan DC dari jalur masukan dicuplik oleh IC 3842 dengan lebar pulsa ter-tentu.

Langkah 3 : Deretan pulsa dengan lebar tertentutersebutselanjutnya oleh transformer dinaikkan dengan perbandingan tetap sebesar 1: n sesuai dengan kebutuhan sirkit monitor.

Langkah 4 : Tegangan AC dalam bentuk lebar pulsa tertentu ini ke-mudian disearahkan agar diperoleh tegangan DC yang dibutuhkan.

Langkah 5 : Karena sirkit monitor sangat peka dengan derau yang memiliki frekuensi yang sama dengan mode video, maka tegangan DC ini masih perlu diratakan dengan filter untuk menghilangkan derau frekuensi tinggi yang berasal dari frekuensi kerja PWM.

Pada langkah 1, dikenal 2 macam penyearah, yaitu: (1) penyear-ah setengah gelombang, dan (2) penyearah gelombang penuh. Pada umumnya dipergunakan macam terakhir karena lebih efisien. Sebagai gambaran teoritisnya adalah:

Bersambung……………………..


Tinggalkan komentar

Kategori